Sabtu, 14 November 2009

Musik daerah ku "RANDAI'" nyawa bangsa ku

Di Kabupaten Kuantan singingi terdapat sebuah Kecamatan Kuantan tengah yang kaya akan musik daerahny. dan sekarang saya akan mendeskripsikan musik daerah tersebut.
Di Kec. Kuan Tengah terdap musik daerah yang menjadi nyawa daerah tersebut sebagai contoh, kesenian randai, Hikayat, syair dan masih banyak lagi.
Kesenian randai merupaka musik tradisional yang didalam nya terdapat seni musik, seni teater dan juga seni tari bahkan seni sastra. Kesenian randai ini terdiri dari beberapa pemain musik, para penari dan lebih uniknya di kesenian randai ini ada Seorang Bujang Gadis yang menjadi pusat perhatian para penonton.
didalam kesenian ini para pemusik mempergunakan berbagai alat musk seperti biola, harmonika,gendang dan kerincing.biasanya dimainkan oleh 4-5 orang dan secara keseluruhan personil randai ini berjumlah 15-20 orang.

Kesenian musik randai ini sangat di senangi dari berberbagai kalangan baik dari anak-anak, kaum muda-mudi bahkan orang dewasa namun pada umumya penikmat randai ini dari kalangan dewasa.
kesenian ini mempunyai keunikan dari kesenian lainnya yaitu BUJANG GADIS.. tentunya kita suda mengetahui apa itu bujang gadis, bukan ?
Bujang gadis yaitu seseorang laki-laki yang didandan menyerupai seorang wanita dengan memkai pakaian wanita dan bertingkah lauk sebagaiman layaknya perempuan... ayooo... bayangkan betapa lucunya hal itu.. Nah !! inilah yang menjadi nyawa dari kesenian randai tersebut.
didalam kesenian randai ini setelah habis satu babak drama maka akan dilanjutkan dengan acara bergoyang bersama-sama dan lagu yang disuguhkan itu berbahasa daerah sebagai contoh yakni lagu yang berjudul LOMAK DEK AWAK KATUJU PULO DEK URANG.. ini merupakan salahsatu lagu andalam setiap grup randai pada umumnya.
dengan alungan lagu itu seluruh orang mengoyangkan badan , menari bersama- sam ,,, dengan hal itu kesenian randai ini semakin terasa.

dalam Kesenian randai ini menggunakan alat musik daerah yang tergolong kedalam macam-macam jenis alat musik secara umum antara lain :
1. IDIOFON
yakni alat musik yang sumberbunyinya denagncara di pukul. agar lebih jelas dapat dilihat pada gambar dibawah ini

2. KARDUFON
AlaT musik yang sumber bunyinya bersal dari dawai yang dipetik

3. MEMBRANOFON
alat musik yang sumberbunyinya bersal dari kulit hewan yang mati kemudian dipukul.

4.AEOROPHON
Alat musik yang sumber bunyinya dari udara.




Oleh sebab itu marilah kita lestarikan kebudayaan daerah ini.

1 komentar:

Admin mengatakan...

Writing Contest Blog Pelajar Kuansing

yuuk.. buruan ikutan... :D